Jakarta, 30 April 2020 – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meningkatkan kerja sama dengan Halodoc, salah satu penyedia layanan kesehatan berbasis online asal Indonesia, dengan menyediakan layanan tes diagnostik cepat COVID19 (rapid test) tanpa biaya bagi 50.000 warga Jakarta dan Surabaya melalui aplikasi Pulse by Prudential (Pulse).
Pulse adalah aplikasi kesehatan digital yang menghadirkan pengelolaan kesehatan holistik dan didukung oleh teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) untuk membantu pengguna meningkatkan gaya hidup sehat mereka dan memberikan akses ke layanan kesehatan kapan pun dimana pun. Pengguna Pulse dapat mengakses berbagai fitur bernilai tambah yang dikembangkan melalui kerja sama dengan berbagai mitra dari perusahaan teknologi terkemuka, termasuk Halodoc yang menghadirkan fitur Bicara dengan Dokter secara online, dan yang terbaru adalah penyediaan layanan rapid test. Halodoc sendiri telah ditunjuk Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membantu melakukan rapid test COVID-19 kepada masyarakat umum.
Untuk dapat mengikuti tes ini tanpa biaya, masyarakat diminta untuk mengunduh aplikasi kesehatan Pulse by Prudential yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Setelah memiliki aplikasi Pulse, calon peserta diwajibkan untuk melakukan pendaftaran di aplikasi Pulse dilanjutkan dengan memilih satu dari lokasi pelaksanaan tes, yaitu di Parkir Hall C JIExpo Kemayoran dan CIBIS Park TB Simatupang, Jakarta mulai 30 April 2020, serta Jalan Raya Duri Kosambi Cengkareng Jakarta dan KONI Jatim Athletic Field Mulyorejo Surabaya mulai 4 Mei 2020. Informasi alamat selengkapnya akan tersedia di aplikasi Halodoc. Hasil tes akan diumumkan melalui SMS dari Halodoc esok harinya.
Selain untuk keperluan mendaftar rapid test ini, sejumlah fitur di aplikasi Pulse dapat membantu pengguna mengidentifikasi gejala COVID-19, salah satunya dengan memanfaatkan fitur Chatbot yang juga bekerja sama dengan Halodoc. Fitur ini membantu screening awal dalam mendeteksi risiko paparan COVID-19 terhadap pengguna melalui serangkaian pertanyaan. Selanjutnya, jika ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai COVID-19, pengguna dapat memanfaatkan fitur Bicara dengan Dokter dari Halodoc yang menyediakan layanan konsultasi khusus COVID-19. Seluruh layanan COVID-19 yang tersedia di aplikasi Pulse tersebut dapat diakses tanpa biaya hingga 31 Mei 2020.
Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia mengatakan, “Halodoc merupakan salah satu mitra kami dalam membangun digital ekosistem untuk menawarkan pengelolaan kesehatan bagi pengguna Pulse. Peningkatan kerja sama dengan Halodoc saat ini semakin mempermudah masyarakat untuk memeriksakan diri mereka terkait COVID19, mulai dari mengetahui kemungkinan paparan terhadap virus, mendaftarkan diri untuk mengikuti rapid test, hingga berkonsultasi dengan dokter yang kesemuanya dapat dilakukan melalui Pulse tanpa biaya apapun. Program terbaru ini merupakan bagian dari serangkaian inisiatif dari Prudential Indonesia, yang telah dilaksanakan perusahaan untuk mendukung upaya pemerintah dalam penanganan COVID-19 sejak Januari tahun ini. Perusahaan berkomitmen untuk tetap memberikan perlindungan serta kemudahan tambahan kepada nasabah dan masyarakat meskipun COVID-19 telah diumumkan sebagai pandemi global dan bencana nasional.”
Peningkatan kapabilitas di dalam aplikasi Pulse melengkapi manfaat dan kemudahan tambahan dari Prudential Indonesia yang sudah tersedia sebelumnya seperti; Santunan Tunai Tambahan sebesar Rp1 juta/hari untuk maksimal 30 hari apabila dirawat di rumah sakit karena COVID-19 bagi nasabah Polis Individu Prudential dan pengguna Pulse yang mendaftarkan diri untuk Polis Bebas Premi Personal Accident; Kepastian Polis Aktif hingga 31 Mei 2020; Kemudahan berupa Tanpa Masa Tunggu untuk pembelian Polis baru dengan asuransi tambahan rawat inap jika nasabah menjalani rawat inap dengan diagnosis positif COVID-19; Penyesuaian waktu pembayaran Premi/Kontribusi jika nasabah terkena dampak finansial dari pandemi COVID-19; Pengajuan Klaim secara elektronik untuk hospitalization benefit. Informasi selengkapnya dapat dilihat di yang selengkapnya dapat dilihat melalui bit.ly/prucovid19.
Jonathan Sudharta, CEO Halodoc mengatakan, “Halodoc berkomitmen untuk terus memperluas dan mempermudah akses kesehatan bagi masyarakat, terlebih di tengah pandemi ini. Saat ini, Halodoc bersama Prudential bekerjasama untuk memberikan rapid test COVID-19 tanpa biaya bagi 50,000 pengguna. Untuk mengaksesnya, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Pulse by Prudential untuk melakukan redeem voucher dan kemudian menggunakan voucher tersebut untuk melakukan pendaftaran rapid test di Halodoc.”
Sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mekanisme pelaksanaan rapid test dapat secara efektif memutus rantai penyebaran virus dan membantu untuk menentukan tindakan medis selanjutnya.
Inisiatif rapid test tanpa biaya merupakan kerja sama dengan Halodoc dan ini juga bagian dari kampanye PRUCinta selama bulan Ramadhan dengan tema “Buktikan Cintamu, Kenali Gejalamu, Supaya Tenang Ramadanmu. Lebih lanjut lagi, Prudential Indonesia juga memberikan perlindungan jiwa kepada lebih dari 500 relawan hingga tenaga medis, difasilitasi oleh Kementerian Kesehatan.
Tentang Halodoc
Halodoc adalah aplikasi kesehatan terintegrasi berbasis online yang menyediakan solusi kesehatan lengkap dan andal untuk memudahkan kita mendapatkan akses kesehatan. Aplikasi Halodoc dilengkapi dengan empat fitur utama, yaitu; Bicara Dengan Dokter (Chat with a Doctor) yang memungkinkan pasien untuk chat, video call, atau voice call dengan dokter berpengalaman dan terpercaya kapan pun di mana pun dari HP. Beli Obat (Buy Medicines) sebuah layanan yang dapat membantu pengguna membeli suplemen, vitamin, dan obat-obatan dengan cepat, aman & nyaman karena diantar langsung ke tempat dengan ojek online. Pasien juga bisa upload resep fisik ke aplikasi. Kunjungi Rumah Sakit (Visit a Hospital) memungkinkan pasien untuk membuat janji dengan dokter dari HP sehingga saat sampai rumah sakit mereka tidak perlu mengurus administrasi dan langsung konsultasi dengan dokter tanpa antri lama, dan Layanan Lab. Halodoc bekerja sama dengan Prodia dalam memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, baik di rumah atau di kantor. Pada tahun 2018, Halodoc menerima penghargaan “The Most Innovative Start Up” dari Galen Growth Asia dan dipilih langsung oleh Forbes Indonesia sebagai “Choice Start Up” untuk tahun itu. Sementara itu pada 2019, Halodoc terpilih sebagai “Startup Pilihan Tempo 2019” dalam kategori People’s Choice.
Tentang Prudential Indonesia
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, London – Inggris. Di Asia, Prudential Indonesia menginduk pada kantor regional Prudential Corporation Asia (PCA), yang berkedudukan di Hong Kong. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.
Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya pada 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Prudential Indonesia telah mendirikan Unit Usaha Syariah sejak 2007 dan dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia sejak pendiriannya.
Sampai dengan 31 Desember 2019, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang. Sekitar 2 juta nasabah dilayani oleh lebih dari 260.000 tenaga pemasar berlisensi di 383 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh nusantara termasuk Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam, dan Bali.
Prudential Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).