• About
  • Contact
  • Advertise
  • Privacy Policy
Kabar Terbaru dari Dunia Teknologi dan Startup Indonesia
  • Startup
  • Market
  • investor
  • Kripto
  • Gadget
  • Fintech
  • Kebijakan
  • E-sport
  • Opini
No Result
View All Result
  • Startup
  • Market
  • investor
  • Kripto
  • Gadget
  • Fintech
  • Kebijakan
  • E-sport
  • Opini
No Result
View All Result
Kabar Terbaru dari Dunia Teknologi dan Startup Indonesia
No Result
View All Result
Home Opini

Hindari Kesalahan Umum Interaksi Startup dengan Media

Selasa - 23 Juni, 2020
0 0
Hindari Kesalahan Umum Interaksi Startup dengan Media

Ilustrasi interaksi startup dan media | Foto: Rawpixel

Share on FacebookShare on Twitter

Brand awareness bagi sebuah produk atau jasa sangat lah penting dalam bisnis apa pun. Terdapat keterkaitan antara brand awareness yang dibangun dengan ketertarikan konsumen menggunakan atau membeli produk tersebut.

Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan brand awareness ialah melalui publikasi. Media merupakan salah satu alat untuk publikasi. Keberadaan media di tengah masyarakat dianggap mampu meningkatkan akses informasi sehingga lebih cepat tersebar.

ArtikelTerkait

10 Kesalahan PR yang Dilakukan Banyak Startup 

Sebuah perusahaan seperti perusahaan rintisan (startup) perlu menjaga hubungan baik dengan media. Karena nantinya media yang akan berperan dalam proses peningkatan brand awareness mereka.

Lars Voedisch, Managing Director PRecious Communications, menyampaikan kesalahan umum yang seringkali dilakukan startup kala berinteraksi media. Kesalahan ini dapat menjadi bumerang dan berpotensi menciptakan dampak negatif dalam upaya publikasi startup tersebut.

Pertama, perusahaan tidak berpikir secara taktis terkait dengan konten eksklusif. Dengan membuat konten secara eksklusif terhadap media tertentu, secara tidak langsung perusahaan sudah membatasi jumlah pembaca. Hal tersebut berarti semakin sedikit orang yang mengetahui kabar atau pun produk terbaru dari startup terkait.

Kedua, perusahaan tidak melakukan pengumuman penting melalui akun atau kanal resmi. Informasi apa pun terkait pencapaian perusahaan tidak seharusnya disebar oleh pihak lain sebelum ada pengumuman resmi. Terlebih jika sebelumnya perusahaan sudah membuat rencana publikasi melalui media. Ketertarikan media cenderung berkurang jika informasi yang didapat berasal dari jalur informal.

Ketiga, ketidakteraturan interaksi dengan media. Perusahaan rintisan perlu memahami pentingnya kesinambungan berita dalam membangun cerita yang kuat melalui media. Hal tersebut berarti melibatkan media tidak hanya pada saat pengumuman penting atau pun launching produk semata.

Keempat, memiliki interaksi yang terlalu tinggi dengan media. Meski pada poin sebelumnya disebutkan interaksi yang teratur dengan media itu penting, perlu diperhatikan bahwa hal tersebut tidak berlaku untuk seluruh kasus.

Seperti misalnya, terus menerus menyampaikan komentar terhadap suatu isu justu akan mengurangi nilai berita dan juga perhatian terhadap perusahaan. Beberapa media pun memiliki kebijakan untuk tidak melakukan publikasi dari perusahaan atau tokoh yang sama secara berulang.

Kelima, perusahaan tidak memahami lanskap media. Kunci untuk dapat memahami lanskap media adalah dengan melakukan pemetaan jurnalis dan media yang sesuai dengan sektor perusahaan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui media mana yang tepat digunakan sebagai pihak untuk menyebar informasi.

Keenam, informasi yang disampaikan tidak konsisten dan cenderung membingungkan. Perlu diketahui bahwa tidak semua jurnalis betul-betul memahami sebuah perusahaan atau pun industri yang diliputnya. Sehingga pihak perusahaan perlu memosisikan diri sebagai orang awam ketika menyampaikan pesan kepada media.

Ketujuh, pihak perusahaan tidak memahami hak editorial. Dalam berinteraksi dengan media, perusahaan perlu memahami bahwa penerimaan keputusan editorial merupakan bentuk penghormatan terhadap institusi media. Jika dirasa perlu, maka perusahaan dapat meluangkan waktu dengan jurnalis atau pun editor untuk memahami cara kerja media.

Terakhir, perusahaan berusaha terlalu keras dalam menciptakan impresi. Interaksi dengan media memerlukan strategi yang direncanakan secara matang. Seringkali ditemui ada pendiri startup yang membeberkan rahasia perusahaan atau hal lain yang belum saatnya disampaikan ke publik.

Perusahaan perlu memikirkan fokus cerita atau narasi yang hendak disampaikan, fakta yang dapat memperkuat cerita tersebut, dan juga pandangan terkait industri dan pesaing. Hal ini diperlukan agar perusahaan dapat menyampaikan informasi secara holistik.

(Indonesiatech)
Tags: brand awarenessmedia relationpublic relation
Next Post
Kominfo Koordinasi dengan BSSN Terkait Kebocoran Data Pasien Covid-19

Kominfo Koordinasi dengan BSSN Terkait Kebocoran Data Pasien Covid-19

Instagram Feed

  • 10 Tren Teknologi Startup Versi Menristek Menteri Riset dan Teknologi Menristek Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional BRIN Bambang PS Brodjonegoro memprediksikan akan ada 10 tren teknologi yang akan berkembang saat periode kenormalan baru new normal mendatang Bambang menyampaikan sepuluh tren teknologi tersebut akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi perusahaan rintusan atau startup Indonesia Selengkapnya kunjungi indonesiatech id https bit ly 2zB2bGd startupteknologi menristek
  • Indonesia Pasar Potensial untuk Investor P2P Lending Asing Jumlah pemberi pinjaman lender asing yang menyalurkan pinjaman melalui fintech peer to peer P2P lending pada bulan April 2020 tercatat mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan OJK jumlah rekening lender asing pada bulan April 2020 jumlahnya mencapai 3 837 rekening Tumbur Pardede Kepala Bidang Kelembagaan dan Humas Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia AFPI mengatakan bahwa kemudahan berinvestasi sebagai lender melalui platform P2P menjadi salah satu alasan pasar P2P lending Indonesia banyak dilirik lender asing Selengkapnya kunjungi indonesiatech id https bit ly 2zEUWgu indonesia investor p2plending fintech
  • YLKI Akses Data Kemendagri untuk Pinjaman Online Lewati Batas Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri baru-baru ini membuka akses data kependudukan pada sejumlah perusahaan teknologi finansial fintech yang memiliki layanan pinjaman online Rio Priambodo Staf Bidang Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia YLKI menanggapi berita tersebut dan menyampaikan bahwa dibukanya akses data kependudukan dan catatan sipil dukcapil kepada perusahaan fintech merupakan sebuah langkah yang sudah melewati batas Selengkapnya kunjungi indonesiatech id https bit ly 2YHPAta ylki kemendagri pinjamanonline fintech
  • Kejora Ventures Prediksi Startup Fintech Indonesia Tumbuh Saat Pandemi Kejora Ventures merupakan perusahaan modal ventura venture capital asal Indonesia yang baru-baru ini memiliki anak perusahaan yaitu Orbit Fund Perusahaan baru ini merupakan bentuk kerjasama antara Kejora Ventures dan SBI Holdings perusahaan layanan finansial asal Jepang Richie Wirjan VP of Investment Kejora-SBI Orbit Fund diwawancarai CNBC Indonesia perihal peluang pertumbuhan startup di tengah pandemi Covid-19 Selengkapnya kunjungi indonesiatech id https bit ly 2Y6z1YI kejoraventures startup fintech orbitfund
  • Hadapi Krisis Softbank Keluarkan Rp 42 triliun untuk Buyback Saham Sejak awal Maret 2020 Softbank telah mengumumkan rencana perusahaan untuk membeli kembali buyback sahamnya sendiri senilai US 4 7 miliar atau setara Rp66 triliun pada Maret 2021 Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kembali harga saham setelah portofolio investasi Softbank mengalami penurunan valuasi Perusahaan yang melakukan buyback saham akan menggunakan dana yang dimiliki untuk berinvestasi membeli saham perusahaannya sendiri dari publik Jika jumlah kepemilikan saham publik dalam perusahaan makin kecil maka likuiditas perusahaan akan tetap terjaga Selengkapnya kunjungi indonesiatech id https bit ly 3d6naOA krisis softbank saham portofolio investasi
  • Pandemi Covid-19 Mandiri Capital Hindari Startup yang Bakar Uang Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi sekarang ini nampaknya tidak menghentikan para investor untuk menyuntikkan dana kepada perusahaan-perusahaan rintisan Seperti contohnya Gojek yang mendapat suntikan dana dari Google Facebook Paypal dan startup Hotel Kapsul Bobobox yang mendapat pendanaan dari Horizon Ventures dan Alpha JWC Wawancara yang dilakukan CNBC Indonesia dengan Eddi Danusaputro CEO Mandiri Capital Indonesia MCI membahas strategi pendanaan MCI di masa pandemi Edi menyatakan bahwa sebagai sebuah perusahaan modal ventura MCI harus memperhatikan time horizon utamanya untuk memperkirakan jangka waktu investasi MCI sendiri mengkategorikan perusahaannya sebagai long time investor Selengkapnya kunjungi indonesiatech id https bit ly 30JMd7F covid19 mandiri capital startup
No Result
View All Result

Twitter Timeline

Populer

  • Gojek dan Shopee: Brand Paling Banyak Dibicarakan di Twitter 2020

    Gojek dan Shopee: Brand Paling Banyak Dibicarakan di Twitter 2020

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bukalapak Bersama GrabKios Sediakan Produk Digital di 5 Juta Warung

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dampak Resesi Pada Investor Startup RI dari Singapura dan Korea Selatan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Viral di Twitter, Data 200 Juta Warga Indonesia Diduga Dijebol dari Situs KPU

    2 shares
    Share 2 Tweet 0
  • Selamat! Gopay dari Gojek Berstatus Unicorn

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Terkini

  • 10 Kesalahan PR yang Dilakukan Banyak Startup 
  • Gojek dan Shopee: Brand Paling Banyak Dibicarakan di Twitter 2020
  • Ini Alasan Telkomsel Investasi di Startup dan Digital Telco Company
  • Tutup Kantor Operasional di Indonesia, Aplikasi Zomato Masih Bisa Digunakan
  • Platform Gojek Bantu Digitalisasi UMKM dan Ekonomi Nasional
Indonesia Tech

© 2020 indonesiatech.id - All Rights Reserved

Navigate Site

  • About
  • Contact
  • Advertise
  • Privacy Policy

Follow Us

No Result
View All Result
  • Startup
  • Market
  • investor
  • Kripto
  • Gadget
  • Fintech
  • Kebijakan
  • E-sport
  • Opini

© 2020 indonesiatech.id - All Rights Reserved

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In