Beradaptasi di tengah pandemi Covid-19 membuat adanya perubahan perilaku konsumen, seperti misalnya terdapat proses adaptasi digital. Keberadaan layanan berbasis digital untuk membantu aktivitas sehari-hari pun semakin diminati.
Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya penggunaan layanan Gojek selama masa pandemi. Layanan yang mengalami peningkatan ini antara lain layanan pesan antar makanan dan kebutuhan sehari-hari, pembayaran digital (cashless), donasi digital, hiburan online, serta layanan logistik.
Nila Marita, Chief of Corporate Affairs Gojek, mengatakan bahwa Gojek menyediakan berbagai macam solusi dan inovasi untuk mendukung produktivitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Hal ini, lanjut Nila, tentunya dilakukan dengan mengedepankan aspek kesehatan, kebersihan, dan keamanan yang merupakan bagian penting dari keseharian masyarakat.
“Sejak awal masa pandemi hingga memasuki masa tatanan baru sejumlah layanan Gojek mengalami peningkatan permintaan, menjadikan Gojek sebagai super app andalan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 untuk tetap produktif dan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Nila melalui keterangan pers pada Selasa (7/7).
Berikut merupakan layanan Gojek yang mengalami peningkatan permintaan selama periode Maret – Mei 2020. Jumlah peningkatan ini nampak jika dibandingkan dengan periode Januari – Februari 2020.
Layanan Pesan Antar Makanan & Kebutuhan Sehari-hari: GoFood & GoMart
Beradaptasi dengan perilaku hidup baru saat pandemi, GoFood menghadirkan pengiriman tanpa kontak, menghadirkan kategori makanan siap masak (Ready to Cook), serta bekerja sama dengan Pasar Mitra Tani untuk memudahkan pembelian bahan pokok.
Sejak diluncurkan pada bulan April 2020, jumlah pembelian makanan kategori siap masak meningkat hingga tiga kali lipat. Pilihan makanan siap masak ini tentu menjadi solusi bagi masyarakat yang tengah beradaptasi dengan kesibukan bekerja dari rumah atau pun mereka yang ini memiliki variasi menu makanan.
Gojek juga bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dengan menghadirkan outlet Pasar Mitra Tani pada layanan GoFood. Layanan untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, telur, dan kebutuhan dapur lainnya ini mengalami peningkatan sebanyak 2,3 kali sejak diluncurkan pada bulan April 2020.
Layanan GoMart menjadi pilihan masyarakat yang ingin berbelanja di tengah masa karantina. Transaksi pada layanan GoMart pada bulan Maret – Mei 2020 meningkat hingga tiga kali lipat jika dibandingkan dengan bulan Desember 2019 – Februari 2020. Jumlah produk yang dibeli pun meningkat hingga 4,6 kali lipat.
Layanan Pembayaran Digital: GoPay
Untuk menghindari terjadinya penyebaraan virus melalui uang tunai, pembayaran digital pun menjadi opsi yang dipilih masyarakat. Sebagai salah satu metode pembayaran digital, layanan GoPay pun mengalami peningkatan, terutama saat bulan Ramadan 2020.
Selama bulan Ramadan, jumlah transfer saldo antar pengguna GoPay meningkat hingga empat kali lipat jika dibanding bulan sebelumnya. Fitur investasi reksa dana menggunakan GoPay yang ditawarkan pun naik hampir dua kali lipat. Penggunaan GoPay untuk membeli kupon game pada masa pandemi ini pun naik hingga tiga kali lipat.
Layanan Donasi Digital: GoGive & GoPay
Total donasi yang disalurkan menggunakan GoPay pada bulan Maret-Mei 2020 mencapai Rp45 miliar. Donasi tersebut disalurkan melalui situs kitabisa.com, ratusan ibadah dan yayasan, pembelian tiket konser amal, serta pembayaran zakat digital.
Jumlah tip yang didapat mitra Gojek melalui GoPay pada periode yang sama mencapai Rp77,6 miliar, naik dua kali lipat jika dibanding periode sebelumnya. Gojek melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) bekerja sama dengan kitabisa.com juga telah melakukan kampanye Sumbang Suara, untuk membantu pekerja informal yang terdampak pandemi.
Nila mengatakan bahwa jaga jarak selama pandemi tidak menghalangi masyarakat untu membantu satu sama lain. Besarnya jumlah donasi ini menunjukkan masyarakat Indonesia memiliki jiwa gotong royong yang kuat dalam menghadapi masa sulit ini.
Layanan Hiburan Online: GoGames, GoPlay, dan GoTix
Beraktivitas sehari-hari di rumah tentu bisa membosankan untuk sebagian orang. Layanan hiburan online, seperti game, film, dan event online menjadi solusinya. Jumlah sesi permainan di GoGames meningkat hingga 64 kali lipat selama pandemi. Sementara untuk layanan streaming GoPlay, terdapat kenaikan 10 kali lipat dilihat dari total waktu yang dihabiskan pengguna.
Saat ini banyak acara yang mengalami perubahan menjadi online, masyarakat pun dapat turut mengikuti acara ini dan membeli tiketnya melalui GoTix. Selama pandemi ini, jumlah event online yang tersedia di platform GoTix mengalami peningkatan 32 kali lipat.
Layanan Logistik: GoSend
Jumlah pesanan layanan pengiriman GoSend meningkat hingga hampir mencapai 90%. Salah satu faktor yang mempengaruhinya ialah banyak orang yang memanfaatkan pengiriman barang sebagai pengganti silaturahmi tatap muka. Selama bulan Ramadan kemarin, sebanyak 80% transaksi GoSend dipakai untuk mengirim makanan atau minuman sebagai bentuk silaturahmi di tengah pandemi Covid-19.