Google for Media adalah program dari Google yang dapat mendukung media di Indonesia melalui optimalisasi pendapatan iklan. Pada webinar peluncuran Google for Media yang dilakukan pada Selasa (28/7), tema Innovation in the Newsroom menjadi tema yang diangkat.
Dalam acara peluncuran ini turut hadir pula Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo. Ia mengungkapkan apresiasinya akan inisiatif yang dilakukan Google untuk industri media di Indonesia.
“Pemerintah Indonesia berharap peran media dapat turut memperkokoh demokrasi yang sehat dengan masyarakat yang cerdas dan terdidik, dan mengingatkan bahwa kemajuan ekonomi digital tidak terlepas dari industri media yang sedang mengalami tantangan yang berat,” ujar Semuel dalam sambutannya.
Saat ini, lanjut Semuel, Indonesia sedang dalam proses melakukan percepatan transformasi digital. Pengembangan sumber daya manusia pun juga menjadi prioritas utama pemerintaha saat ini. Semuel mengatakan bahwa apa yang Google lakukan ini dapat mempercepat proses transformasi digital Indonesia.
“Peluncuran Google for Media hari ini merupakan contoh sinergi yang baik di mana sektor bisnis turut mendukung kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan teknologi masa kini. Saya meyakini bahwa kolaborasi antara lembaga-lembaga negara, dunia usaha, para wartawan dan seluruh pemangku kepentingan adalah kunci dari akselerasi transformasi digital di Indonesia,” jelas Semuel.
Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communications Google Indonesia, menjabarkan tiga cara yang dilakukan Google untuk mendukung industri media. Pertama ialah dengan berusaha mengembangkan model bisnis dan memastikan ada pertumbuhan yang berkelanjutan.
Kedua, Google mengangkat dan memperkuat jurnalisme berkualitas. Salah satunya ialah bekerja sama dengan MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) dalam menghadirkan situs cekfakta.com.
Terakhir ialah bekerja sama dengan penerbit berita untuk memampukan lembaga berita tersebut melalui inovasi teknologi yang terus dikembangkan.
Jason mengatakan bahwa Google memiliki misi untuk membantu semua orang memahami dunia, yaitu dengan menyediakan akses pada berbagai berita berkualitas tinggi. Selain itu, Google juga ingin memastikan terdapat ekosistem sumber berita lokal yang independen dan sehat.
Google for Media berikutnya akan digelar pada 26 Agustus 2020 dan mengusung tema YouTube and News.