Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus optimalkan peran kehumasan dan komunikasi publik dalam mendiseminasi informasi publik kepada masyarakat lewat konten kreatif berbasis digital.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan, peran media kehumasan sangat penting agar bisa menjangkau semua masyarakat di semua generasi, baik Generasi Baby Boomers, Generasi Milenial, Generasi Z hingga Post Generasi Z.
“Kita tidak bisa lagi hanya membuat rubrik di media cetak konvensional, namun juga menciptakan konten kreatif berbasis digital seperti video, infografis, podcast hingga virtual reality di kanal komunikasi publik baik media mainstream, media sosial, hingga media online,” papar Johnny dalam tayangan video pada Acara Malam Anugerah Media Kehumasan 2021, yang diselenggarakan di Hotel Merusaka, Nusa Dua Bali, Kamis (4/11).
Menurut Menkominfo, komunikasi publik dan kehumasan pemerintah juga harus mampu berinovasi.
“Agar konten-konten yang dirilis dapat menjangkau cakupan masyarakat yang lebih luas dengan demografi yang lebih beragam,” kata dia.
Menkominfo juga menyampaikan, sejak pandemi Covid-19, sebanyak 50% generasi milenial dan generasi Z menghabiskan waktu lebih banyak di YouTube, 47% di Facebook, dan 34% di Instagram. Menurutnya, tren itu akan terus meningkat bahkan setelah pandemi mereda.
“Dengan semakin beragamnya kelompok sasaran yang berpartisipasi di ruang digital, semakin besar juga ruang kreativitas bagi humas dalam berkarya,” jelas Johnny.
Menkominfo Johnny Plate berharap, ajang Anugerah Media Humas tahun 2021 dapat menjadi wadah untuk berkompetisi secara positif di antara insan Humas.
“Saya ucapkan selamat bagi para pemenang pada Anugerah Media Humas tahun 2021 malam ini. Terus semangat untuk para nominator dan instansi humas pemerintah dalam menciptakan karya-karya kreatif Pranata Humas. Mari terus manfaatkan kemajuan teknologi digital dalam praktik kehumasan menuju Indonesia makin digital semakin maju,” pungkas Johnny.
(Indoensiatech)
Komentar