Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melibatkan musisi atau grup band HIVI! untuk menggalakkan edukasi literasi digital di kalangan anak muda, khususnya pada kalangan generasi Z di Indonesia.
Lewat kolaborasi ini, HIVI! menciptakan sebuah lagu easy listening dengan lirik yang menggugah generasi muda agar bijak menggunakan internet. Video musiknya juga mengajak anak muda untuk semakin cerdas menyikapi dampak negatif internet, khususnya bagi kesehatan mental mereka.
Saat ini tercatat ada lebih dari 200 juta orang di Indonesia yang aktif menggunakan internet dalam berinteraksi sosial. Selama pandemi sendiri, masyarakat semakin meningkatkan penggunaan internet dan teknologi digital untuk menjaga produktivitasnya.
“Namun, teknologi digital dan internet juga berdampak negatif jika digunakan untuk menyebarkan hoax, cyber-bullying, radikalisme, bahkan terorisme. Penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai literasi digital agar semakin bijak menggunakan internet,” jelas Rizki Ameliah, Koordinator Literasi Digital Kemenkominfo, Selasa (16/11).
HIVI! adalah group beranggotakan empat musisi berbakat dan telah merilis berbagai lagu populer dan easy listening sejak 2002. Lewat kolaborasi bersama Kominfo ini, diharapkan semakin mudah penjangkauan khalayak yang lebih muda untuk menyosialisasikan literasi digital.
Dalam kolaborasi ini, HIVI! menulis dan mengaransemen sebuah lagu berjudul “Cerita Dunia Maya #MakinCakapDigital” yang mengajak generasi Z memanfaatkan internet untuk kegiatan-kegiatan yang positif.
“Lewat musik, pendengar sangat mudah terhubung secara emosional, sehingga kami berharap pesan dari kampanye ini dapat dengan mudah masuk dan diterima oleh masyarakat khususnya anak muda,” pungkas Rizki.
Lagu yang berjudul Cerita Dunia Maya #MakinCakapDigital’ kreasi Kemenkominfo Siberkreasi dan HIVI! ini telah diunggah di YouTube dan Spotify.
(Indonesiatech)
Komentar