Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mempertemukan 15 peserta Startup Studio Indonesia batch 3 ke para investor. Ke-15 startup ini telah memasuki tahapan Milestone Day, puncak dari gelaran program inkubasi dan akselerasi Startup Studio Indonesia batch 3.
Milestone Day adalah acara puncak dari program Startup Studio Indonesia, di mana tiap startup diberikan kesempatan untuk mempresentasikan bisnis dan pencapaiannya selama mengikuti program di depan stakeholder.
Sonny Hendra Sudaryana selaku Koordinator Startup Digital Kementerian Kominfo mengatakan, fokus Kominfo lebih tajam di batch 3 ini untuk membantu startup mencari product-market fit (PMF).
“Tahap ini sangat krusial karena salah satu alasan utama startup tidak berkembang akibat gagal mengembangkan produk yang dibutuhkan pasar. Untuk mencapai tahap PMF ini, kami percaya bahwa metode pelatihan paling efektif adalah dengan sesi brainstorming intensif untuk mengupas seluk beluk setiap proses perancangan produk,” papar Sonny.
Tercatat pada batch 3 ini terdapat 15 startup early stage yang terpilih mengikuti serangkaian inkubasi Startup Studio Indonesia, yaitu di antaranya AturKuliner, AyoBlajar, Bicarakan, Bolu, Eateroo, Finku, FishLog, Gajiku, Imajin, Keyta, KreatifHub, Powerbrain, Sgara, Soul Parking, Zi.Care.
Setelah terpilih, startup-stratup tersebut akan diagnosis untuk memetakan pain point perusahaan masing-masing.
Sejak batch 1 sampai saat ini, antusiasme program besutan Kominfo terus meningkat yang dilihat dari jumlah pesertanya naik lima kali lipat. Dari sisi kualitas dan diversifikasi industri startup, Startup Studio Indonesia mengklaim kali ini lebih meningkat, yang mana peserta startup bergerak di isu-isu penting saat ini, mulai dari edukasi, kesehatan mental, perikanan, dan Internet of Things (IoT).
“Tentunya di batch 4 mendatang, kami menargetkan peserta yang lebih banyak dari berbagai daerah dan sektor, karena startup inovatif dan berpotensi semakin banyak bermunculan di Indonesia,” pungkas Sonny.
(Indonesiatech)
Komentar