Bagi Menkominfo Johnny G Plate, MotoGP Mandalika 2022 bukan sekadar etalase industri olahraga nasional, melainkan juga momentum untuk lebih mengenalkan UMKM di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya Kabupaten Lombok Tengah.
Mandalika yang merupakan bagian dari Kabupaten Lombok Tengah sejak 2017 diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan pariwisata sebagai andalannya. Bahkan. bersama Bali, Toba, dan Borobudur, Mandalika dinobatkan sebagai destinasi super prioritas pariwisata, Dan, pengembangan kepariwisataan pastinya tidak bisa dilepaskan dari ke-UMKM-an.
MotoGP Mandalika 2022: Momentum bagi UMKM NTB
Bagi Kemkominfo yang merupakan salah satu anggota Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Germas BBI) penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 yang rencananya digelar pada 18-20 Maret 2022 dapat dimanfaatkan sebagai media promosinya.
Karenanya penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 harus mampu memunculkan dan mengoptimalkan UMKM lokal unggulan NTB, khususnya Kabupaten Lombok Tengah agar dapat lebih dikenal, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
Sebagaimana diketahui, Kementerian Koperasi dan UKM memiliki Smesco yang merupakan lembaga resmi pemerintah yang bertugas untuk membantu akses pemasaran bagi usaha kecil dan menengah.
Smesco Indonesia sendiri sedang membangun ekosistem transformasi UKM masa depan, salah satunya Smesco Hub Timur yang tentu diharapkan dapat menjadi solusi logistik UMKM di NTB, dukungan ekspor, pembiayaan, dan bentuk pendampingan lainnya.
Maka tidak berlebihan bila Menkominfo Johnny Plate menjadikan MotoGP Mandalika 2022 2021 sebagai momentum bagi pelaku UMKM NTB untuk terhubung ke banyak akses usaha seperti pembiayaan, bahan baku, pasar.
Untuk itu Johnny Plate dapat menggerakkan kementerian yang dibawahinya agar membangun ekosistem daring bagi pelaku UMKM di NTB, sehingga mampu bertransformasi digital atau meng-go digital-kan usahanya.
Dan, seperti hasil riset World Bank, 80 persen UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan lebih baik di tengah pandemi.
Jumlah UMKM yang menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai 64 juta. Artinya, jumlah UMKM mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia.
Jumlah ini juga menunjukkan bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Dengan begitu, mendorong pelaku UMKM sama artinya dengan mendorong perekonomian nasional.
Menkominfo Johnny Plate bisa Tiru “Kilau Digital Permata Flabomora”
Untuk membangun ekosistem digital bagi pelaku UMKM NTB, Kemkominfo bisa mengembangkan program “Kilau Digital Permata Flobamora”.
Program ini merupakan komitmen untuk mengangkat roda perekonomian dan budaya kawasan kepulauan di Nusa Tenggara Timur, meliputi Flores, Sumba, Timor, dan Alor melalui transformasi digital, termasuk di bidang UMKM, pertanian, pariwisata, pendidikan, kesehatan, agar bangkit, berkembang, berjaya di negeri, dan berkilau ke penjuru dunia.
Saat menghadiri puncak acara “Kilau Digital Permata Flobamora” pada 17 Juni 2021, Menkominfo Johnny Plate menegaskan bahwa “Kilau Digital Permata Flobamora” digelar sebagai bagian dari tema besar kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).
“Target kami adalah hasil karya artisan, kehebatan-kehebatan local wisdom itu harus bisa ditampilkan di dalam ruang digital melalui marketplace untuk menjangkau pasar yang tidak terbatas, tidak saja pasar domestik tapi juga cross border atau lintas negara,” ujar Johnny Plate.
Dengan memanfaatkan ajang MotoGP Mandalika 2022, Menkominfo dapat mengembangkan UMKM NTB melalui pemaksimalan e-commerce. Untuk itu diperlukan sinergi antar lembaga-lembaga pemerintah, antar swasta, antar pelaku UMKM, dan antar seluruh pihak.
Terlebih saat ini Kemenkop-UKM memiliki tiga agenda besar program fokus prioritas, yaitu, transformasi informal ke formal, transformasi memanfaatkan digitalisasi dan inovasi dengan membawa UMKM masuk ke dalam rantai pasok lokal, nasional, dan global, serta bagaimana menciptakan koperasi menjadi modern.
Seiring pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022, Menkominfo Johnny Plate bersama kementerian yang dipimpinnya pastinya akan terus berupaya keras sesuai tupoksinya agar pelaku UMKM NTB dapat mereguk buah manis dari kegiatan MotoGP Mandalika 2022, yang berlangsung mulai 18-20 Maret 2022.
Dan, tentu saja sebagai menteri yang membidangi komunikasi dan informasi, Johnny G Plate tidak hanya berharap namun juga telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mendukung penyebaran informasi terkait ajang MotoGP Mandalika 2022. Salah satunya dengan menyiapkan layanan 5G.
Menurut Johnny G Plate, kementerian yang dikomandoinya telah melakukan komunikasi dengan pabrikan pembuat handheld yang beroperasi di frekuensi 2,3 GHz. Pabrikan ini telah membuka software-nya yang menghadirkan jaringan 5G.
Melalui langkah-langkah yang terbilang sigap tersebut. Kemkominfo di bawah komando Johnny G Plate telah siap menyambut pagelaran MotoGP Mandalika 2022 sekaligus mengembangkan UMKM di Provinsi NTB dan khususnya kawasan Mandalika.
SUMBER
(Indonesiatech)
Komentar