Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong mengatakan, Hubungan Masyarakat (Humas) di kementerian, lembaga dan instansi memiliki peran untuk membangun public trust atau kepercayaan publik.
“Tugas humas pada dasarnya memunculkan kepercayaan publik kepada pemerintah,” ujarnya dalam Pertemuan Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis (02/06).
Dirjen IKP Kominfo mendorong kolaborasi peran humas kementerian dan lembaga melalui agenda setting agar bisa memunculkan public trust.
“Karena kita adalah humas pemerintah, bagaimana mencapai public trust itu? agenda setting menjadi tumpuannya. Jadi kita tidak menunggu saja, tetapi kita bekerja secara proaktif. Kita juga bukan hanya menjadi ‘pemadam kebakaran’, artinya setelah ada kegaduhan dalam ruang publik baru kemudian kita melakukan langkah-langkah komunikasi tertentu,” papar Usman.
Ia menilai, agenda setting merupakan upaya bersama humas pemerintah untuk melakukan mitigasi dan mencegah krisis komunikasi.
“Agenda setting juga bagian dari mitigasi komunikasi mencegah risiko terjadinya kegaduhan di ruang publik di bidang komunikasi,” kata Usman menegaskan.
Dibandingkan peran sebagai ‘pemadam kebakaran’, Dirjen IKP Kominfo berharap peran humas bisa sebagai lembaga yang memitigasi komunikasi publik di masyarakat dengan melakukan agenda setting diperlukan tahapan-tahapan yang menjadi acuan.
“Memang ada terpaan dari media di ruang publik dipenuhi dengan beragam informasi, apalagi sekarang bukan cuman media mainstream tapi juga media sosial. Kita digempur setiap hari, setiap detik, bahkan oleh informasi yang beragam,” jelasnya.
(Indonesiatech)
Komentar