Zaman sekarang, masyarakat digital perlu membangun personal branding yang positif di media sosial, karena personal branding yang positif memberikan banyak manfaat seperti memperluas koneksi, mengembangkan kepercayaan, membangun kredibilitas, sebagai media promosi diri.
Hal itu disampaikan Astri Andriani selaku Media & Campaign Director NXG Indonesia pada kegiatan Webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan tema Strategi Membangun Personal Branding Melalui Sosial Media bagi para guru dan pelajar di Jawa Tengah yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.
Kegiatan berlangsung pada Rabu, 24 Agustus 2022 secara online tersebut diikuti oleh SMA N 1 Jekulo Kudus, MAN 1 Rembang, SMP N 1 Sluke, SMP N 1 Surakarta, SMP N 2 Surakarta, SMP N 3 Surakarta, SMP N 5 Surakarta, SMP N 6 Surakarta, dan SMP N 7 Surakarta.
Desty Dwiyanasari selaku Founder Duaide.com menyampaikan, pembentukan persepsi masyarakat terhadap individu dilihat dari aspek kepribadian, kemampuan, dan nilai positif yang dimunculkan oleh individu salah satunya melalui personal branding atau brand awareness.
Senada, Nia Nurdiansyah seorang Blogger dan Content Creator mengatakan, personal branding berbeda dengan pencitraan karena dalam proses pembentukannya diperlukan rekayasa diri dan memunculkan nilai yang positif, bukan sekadar ingin show off ataupun memanipulasi banyak orang.
Kominfo mengadakan kegiatan webinar tersebut dalam upaya mengedukasi masyarakat terkait pentingnya memanfaatkan internet secara wajar dan menghindari hal-hal yang membahayakan atau merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan membuka acara tersebut dengan memberi sambutan terkait pesatnya perkembangan digital di Indonesia yang perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni.
Dukungan positif masyarakat menjadikan Kemenkominfo terus memberikan edukasi melalui program Indonesia Makin Cakap Digital yang berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan lainnya dapat diakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Instagram, TikTok, Twitter, Facebook dan channel Youtube Siberkreasi.
(Indonesiatech)
Komentar