Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktorat Pemberdayaan Infromatika menggelar kegiatan workshop Literasi Digital di Kota Labuan Bajo dengan tujuan untuk memberikan edukasi dan keterampilan dalam memanfaatkan internet dan media sosial kepada generasi milenial dan sejumlah komunitas yang ada di wilayah Labuan Bajo dan sekitarnya. Ada pun kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 21-22 Oktober 2022.
Para pemateri dari Kominfo memberikan semacam stimulus kepada peserta generasi milenial yang hadir. Mulai dari kampanye untuk menghilangkan kebiasaan menaruh informasi pribadi yang bersifat sensitif di Media Sosial. Kegiatan workshop Literasi Digital ini penting bagi generasi milenial Labuan Bajo agar masyarakat dan kelompok komunitas di Nusa Tenggara Timur umumnya makin cakap digital sehingga tidak mudah terpengaruh dengan informasi negatif, terpapar hoaks, isu sara, politik, sampai kesehatan.
Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo Republik Indonesia, Boni Pudjianto kepada media ini di Labuan Bajo mengatakan, penyelanggaraan literasi digital di Labuan Bajo bertujuan untuk membuat masyarakat NTT khususya Manggarai Barat semakin Cakap Digital.
“Di dalam program ini kita mengupayakan agar masyarakat paham terkait 4 pilar literasi digital yaitu digital Skil (kecakapan Digital) digital Safety (keamanan digital) serta Digital Etik (Budaya Digital dan Etika di ranah digital),” papar Boni, Sabtu (22/10).
Ia mengatakan, kegiatan ini sangat penting karena masyarakat kita tentu harus paham berbagai kosekuensi dengan adanya Internet. Namun dirinya tidak membatah bahwa ada dampak negatif yang dapat ditimbulkan. Untuk itu pihaknya berupaya mengajak masyarakat agar semakin baik dalan menggunakan internet secara aman, cermat dan menjauhi berbagai informasi yang mungkin dapat mengganggu kehidupan kita.
Penting dipahami oleh masyarakat dan khususnya generasi muda, menurut Boni, adalah melakukan promosi, publikasi, branding Labuan Bajo melalui media sosial ataupun bergai kanal kanal lainnya, sehingga masyarakat Internasional akan semakin banyak datang ke Labuan Bajo.
“Saat ini Labuan Bajo sudah sangat meningkat pariwisatanya dan tentu di situ tidak hanya kita memeprsiapkan infrastruktur tetapi kita harus melakukan Promosi melalui media sosal ataupun berbagai kanal-kanal lainnya,” pungkasnya.
(Indonesiatech)
Komentar