Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) gelar pelatihan Adopsi Teknologi Digital 4.0 Bagi UMKM yang dilakukan selama 6 bulan, dari bulan Mei hingga Oktober 2022 secara daring dan luring. Program ini sudah memasuki tahun kedua, dengan jumlah UMKM yang telah dilatih dan didampingi sebanyak 30.000 usaha dari 13 destinasi yaitu Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Sulawesi Utara, dan Sumatra Utara.
Puti Adella Elvina selaku Ketua Tim Adopsi Teknologi Digital Kominfo tahun 2022 mengatakan, pelatihan yang diberikan ke UMKM mulai dari pemasaran digital melalui social media, kemudian aplikasi toko daring seperti Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia.
“Adopsi teknologi digital 4.0 ini merupakan salah satu ikhtiar pemerintah untuk memulihkan UMKM paska pandemi, tahun ini alhamdulillah dapat menjangkau lebih banyak UMKM dan cakupan wilayah pelatihannya juga semakin luas,” jelas Puti Adella Elvina dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/12).
Diprogram ini dikhususkan untuk wilayah DKI Jakarta dikarenakan memiliki keunikan sendiri daripada wilayah lain. Koordinator Fasilitator DKI Jakarta Khairul Basri mengatakan, saat ini memang sedang trend UMKM menjual produk di aplikasi TikTok, sehingga bisa meningkatkan penjualan produk UMKM.
“Saat ini trend UMKM jual produk di TikTok Live dan TikTok Shop, sehingga kami membuat sebuah terobosan membantu penjualan UMKM binaan kami di aplikasi TikTok. Dan alhamdulillah bisa meningkatkan penjualan dari UMKM binaan kami. Sistem kerjasama dengan umkm juga mudah dengan konsinyasi,” kata Khairul Basri.
(Indonesiatech)
Komentar