Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan adanya peningkatan tren positif penetrasi digital. Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Infomatika (Ditjen PPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Geryantika Kurnia menjelaskan, penilaian tersebut merupakan hasil survei terbaru yang dirilis oleh AC Nielsen.
“Tercatat terjadi kenaikan penetrasi digital-ready di 11 kota, dari 73 persen pada 1 Januari 2023 menjadi 79 persen per 15 Januari 2023,” kata Gery dalam keterangannya.
Ia menjelaskan secara rinci, penetrasi digital Greater Jakarta pada 1 Januari tertinggi yaitu sebesar 82 persen, meningkat menjadi 87 persen per 15 Januari. Penetrasi digital di Bandung meningkat dari 82 persen pada 1 Januari menjadi 88 persen per 15 Januari.
“Penetrasi digital di Greater Surabaya naik dari 53 persen pada 1 Januari menjadi 65 persen per 15 Januari, sedangkan penetrasi digital di Semarang naik dari 87 persen pada 1 Januari menjadi 88 persen per 15 Januari,” tambahnya.
Gery menilai capaian tersebut menandakan bahwa masyarakat Indonesia telah siap untuk beralih 100 persen ke televisi digital. Dia pun meminta kepada penyelenggara MUX segera mempercepat distribusi set top box kepada keluarga miskin agar jalannya program ASO tidak terhambat.
“Perlu ada komitmen yang kuat dari penyelenggara MUX untuk mempercepat distribusi STB untuk keluarga miskin sehingga ASO bisa selesai di seluruh Indonesia. ASO akan berdampak positif kepada industri penyiaran, masyarakat, negara dan akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia,” paparnya.
(Indonesiatech)
Komentar