Expedia memperdalam fokusnya ke region Asia Tenggara setelah menginvestasikan uang senilai Rp4,6 triliun kepada Traveloka, portal travel online Indonesia.
Diperoleh dari seorang narasumber yang telah mengkonfirmasi nilai investasi yang diraih Traveloka lebih dari US$ 1 miliar. Hal ini berarti startup tersebut telah bergabung dengan klub startup unicorn seperti Grab, Sea (awalnya Garena), Go-Jek dan Lazada.
Expedia mengatakan telah mengambil saham “minoritas” di perusahaan tersebut. Di samping investasinya, diungkapkan bahwa startup ini juga telah mengumpulkan tambahan US$ 150 juta selama setahun terakhir dari investor lain, termasuk East Ventures, Hillhouse Capital Group, JD.com dan Sequoia Capital.
Traveloka didirikan di Indonesia pada tahun 2012, dan hingga hari ini, layanannya telah berada di enam pasar utama di Asia Tenggara meliputi Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapore, Vietnam dan Filipina. Startup ini yang awalnya mendapat dana hanya dari East Ventures dan Global Founder Capital dari Rocket Internet.
Selain mendapatkan modal baru, startup ini juga telah bermitra dengan Expedia untuk menambahkan akomodasi hotel internasional di luar Asia ke platformnya.
Asia Tenggara memiliki populasi sekitar 600 juta orang, dengan akses internet dan penjualan smartphone yang berkembang pesat sehingga memberikan potensi nyata sebagai pasar teknologi. Sebuah laporan 2016 yang ditulis bersama oleh Google memperkirakan bahwa ekonomi internet kawasan ini akan tumbuh 6,5 kali lipat dari US$ 31 miliar pada tahun 2015 menjadi US$ 197 miliar pada tahun 2025. Bidang travel diperkirakan akan mencakup 45% dari jumlah itu, menurut laporan tersebut.
Tidak mengherankan, hal ini telah menarik perhatian investor dari luar kawasan, dengan Alibaba dan Tencent di antaranya yang melihat dengan serius startup lokal.
Tanggapan Expedia dan Traveloka
“Traveloka jelas adalah pemimpin perusahan travel online di Indonesia, dan sedang ekspansi secara agresif di Asia Tenggara. Kemitraan kami akan bermanfaat bagi kedua belah pihak baik untuk ekspertis, pengetahuan lokal, dan akselerasi untuk perkembangan mutual kami. Kami sangat bersemangat untuk terus berkembang di Asia, belajar dari tim Traveloka yang bertalenta dan membuka lebih banyak pilihan beragam untuk travel untuk pengguna Traveloka dan Expedia di seluruh dunia.”
– Dara Khosrowshahi, President and Chief Executive Officer, Expedia, Inc
“Bekerja sama dengan perusahaan travel online dunia akan membuat kami lebih fokus pada perkembangan yang berkelanjutan di bidang travel online untuk mencapai tujuan kami yaitu menyediakan pilihan travel terbaik dan pengalaman booking yang berkualitas. Pengembangan hubungan kerja sama ini memberikan para pengguna Traveloka akses kepada akomodasi internasional yang unik dan beragam dan kami bertujuan untuk bekerja dengan Expedia mengekspan layanan kami di Asia dan seterusnya.”
– Ferry Unardi, Co-founder dan CEO Traveloka