Gojek menjadi layanan on-demand pertama yang menghadirkan fitur informasi suhu tubuh driver dan kebersihan kendaraan. Upaya ini dilakukan sebagai pencegahan penyebaran COVID-19.
Chief Operations Officer Hans Patuwo mengatakan, inovasi itu dilakukan sebagai tanggung jawab Gojek atas kepercayaan masyarakat. Konsumen bisa mengetahui status pengecekan suhu tubuh driver dan kebersihan kendaraan dalam aplikasi Gojek.
“Saat memesan layanan Gojek, pengguna akan mengetahui status pengecekan suhu tubuh mitra driver dan status disinfeksi kendaraan. Hadirnya fitur ini, merupakan wujud keseriusan kami dalam memastikan semakin meningkatnya standar operasional layanan yang aman di tengah pandemi COVID-19, sehingga masyarakat bisa merasa tenang dan nyaman saat menggunakan layanan Gojek,” kata Hans, Jumat 15/5 kepada media.
Menurut Hans, pengecekan suhu tubuh driver dan disinfeksi kendaraan dilakukan di Posko Aman Bersama Gojek yang ada di sejumlah wilayah.
Selain pada layanan jasa transportasi, fitur yang sama diimplementasikan pada layanan pengantaran makanan dan logistik.
Informasi suhu tubuh dan kebersihan kendaraan didapatkan setiap kali driver melakukan pengecekan suhu tubuh dan disinfeksi kendaraan di Posko Aman Bersama Gojek.
Informasi tersebut akan diunggah Tim Operasional Gojek ke sistem. Gojek menyediakan 150 area Posko Aman Bersama Gojek di 16 kota besar di Indonesia.
“Saat ini, ratusan ribu mitra driver aktif terus memanfaatkan fasilitas dan prosedur kesehatan di Posko Aman Bersama Gojek setiap minggunya,” papar Hans.
Hans menyebutkan setiap mitra aktif diimbau untuk mengunjungi Posko Aman Bersama Gojek secara rutin. Jika diketahui suhu tubuh mitra driver berada di atas ambang batas normal, Gojek akan memberi pendampingan kepada mitra untuk melakukan pemeriksaan medis, yang bekerja sama dengan Halodoc.
Selain menyediakan fitur status mitra driver, sebelumnya Gojek telah menyiapkan jutaan masker, hand sanitizer dalam bentuk paket kesehatan (healthcare kit) untuk dibagikan kepada ratusan ribu mitra driver di lebih dari 90 kota. Distribusi paket kesehatan berupa 5 juta masker impor akan dilakukan secara bertahap ke berbagai wilayah di Indonesia.
Gojek turut menjaga keamanan dan kesehatan para mitra driver serta pengguna dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diberlakukan di sejumlah kota. Hal itu dilakukan dengan menyediakan masker untuk penumpang, membatasi hanya dua penumpang per unit kendaraan untuk GoCar dan GoBlueBird. Sementara itu, layanan pengantaran tanpa kontak diterapkan untuk GoFood, GoShop, GoSend, dan GoMart.