Gojek hadirkan program mereka yang bernama Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan atau disingkat J3K di Bogor. Program J3K ini juga merupakan upaya Gojek dalam memastikan seluruh ekosistem, termasuk mitra dan pelanggan, dapat tetap beraktivitas dan menjalani keseharian di tengah pandemi Covid-19.
Arum K Prasodjo selaku Head of Corporate Affairs Region Gojek Banten dan Jabar mengatakan, J3K dihadirkan tanpa adanya biaya tambahan.
Sejak awal masa pandemi, Gojek telah melakukan berbagai adaptasi yang mengedepankan aspek kesehatan pada setiap layanan mereka. Terutama di era New Normal, Gojek terus melakukan inovasi-inovasi yang mendukung kegiatan masyarakat dengan mengedepankan tiga aspek utama, yaitu kesehatan, kebersihan dan keamanan.
“Inovasi ini kami rangkai dalam sebuah inisiatif besar yaitu J3K. Inisiatif ini kami hadirkan tanpa ada pembebanan biaya tambahan karena kami percaya bahwa rasa aman dan nyaman harus diberikan kepada setiap mitra, pelanggan, dan masyarakat luas,” kata Arum.
Salah satu inisiatif utama dalam program jaga kesehatan ini adalah mewajibkan penggunaan masker dan pemberian handsanitizer serta pengecekan suhu tubuh bagi mitra driver di 200 titik Posko Aman J3K di berbagai kota besar. Hadir di Bogor, Gojek membuka lima Posko Aman yang tersebar di Kota dan Kabupaten seperti Kedunghalang, Ciomas, Bojonggede, Gunungputri dan Cibinong.
“Gojek juga fokus mengembangkan layanan GoMed sehingga kini pelanggan dapat membuat janji melakukan rapid test Covid-19, di samping juga bisa membeli vitamin, obat-obatan, membuat janji tatap muka dengan dokter dan lain sebagainya yang terkait layanan kesehatan, bekerja sama dengan layanan Halodoc,” kata Arum menjelaskan.
Selain mitra driver yang mendapatkan disinfeksi kendaraan dan helm, pendistribusian masker, hairnet dan handsanitizer di Posko Aman, upaya lain Gojek dalam menjaga kebersihan ekosistem adalah dengan cara menerapkan protokol kebersihan bagi mitra usaha GoFood. Mitra GoFood diimbau untuk menyediakan wastafel dan hand sanitizer bagi mitra driver yang hendak mengambil pesanan agar menjaga makanan tetap higienis hingga sampai ke konsumen.
“Di layanan GoFood, kami juga menyediakan daftar outlet mitra yang secara konsisten menerapkan penggunaan masker dan pengecekan suhu bagi karyawan, serta penggunaan segel pengaman pada kemasan,” kata Arum.
(Indonesiatech)