Setiap tahunnya, Twitter melakukan rilis mengenai apa saja yang menjadi sorotan sepanjang tahun. Pada tahun 2020 ini, penulis dan musisi Indonesia Fiersa Besari menjadi akun Twitter yang paling banyak dibicarakan oleh netizen, sedangkan Agnez Mo menjadi entertainer yang paling banyak dibicarakan, bersama dengan fanbase #agnation yang menguasai tagar hiburan teratas.
Selain informasi mengenai akun yang paling banyak dibicarakan, Twitter juga merilis informasi mengenai Brand yang paling banyak dibicarakan di Indonesia. Akun official Shopee Indonesia, Gojek, serta Netflix Indonesia menduduki 3 peringkat teratas dalam kategori ini.
Tahun 2020 menjadi tahun yang berat bagi setiap orang, tak terkecuali para pelaku industri yang harus melakukan adaptasi secara cepat agar tetap dapat bertahan dengan kondisi pandemi saat ini.
Twitter pun menyadari hal tersebut, dan mengapresiasi upaya yang dilakukan para pelaku industri agar tetap dapat terhubung dengan konsumen selama pandemi. Apresiasi ini berbentuk penghargaan #BestOfTweets 2020 Indonesia, yang untuk pertama kalinya diberikan oleh Twitter.
For all the winning brands that led the way for others, Tweet on!@GojekIndonesia@Tokopedia@IM3Ooredoo@BankMandiri@shopeeID@SehatAQUA@NetflixID@SamsungID#BestofTweets Indonesia pic.twitter.com/mKosPPAcVj
— Twitter Marketing ID (@TwitterMktgID) December 11, 2020
Berikut penghargaan yang diberikan oleh Twitter beserta dengan para pemenangnya:
1. Best Campaign for Driving Positive Change in Society – Gojek Indonesia
“Anda bekerja sama dengan Slank dan Kitabisa meluncurkan #SumbangSuara untuk mendukung pekerja informal yang terkena pandemi.”
2. Most Tweeted About Brand – Shopee Indonesia
“Twitter tidak bisa berhenti berbicara atau berbelanja di Shopee. Selamat telah menjadi merek yang paling banyak di-Tweet di Indonesia.”
3. Best Brand Voice – Tokopedia
“Anda tetap autentik dalam kampanye yang bertujuan untuk memberikan nilai terbaik kepada konsumen Anda, sekaligus memberikan hiburan dengan “WIB TV Show” yang menampilkan bintang #Kpop BTS & Blackpink.”
4. Best Virtual Event – IM3 Ooredoo
“Anda menyatukan kami dalam konser virtual selama Ramadan yang sangat berbeda, sambil menyediakan platform bagi para penggemar untuk mengenal bintang musik Indonesia yang sedang naik daun secara dekat & pribadi.”
5. Best Use of Video – Bank Mandiri
“Tidak semua orang Indonesia siap dengan perbankan digital, jadi Anda meluncurkan fitur baru yang sederhana untuk memudahkan semua orang. Anda menjelaskan semuanya dalam iklan video yang informatif & efektif.”
6. Best “Launch” on Twitter – Aqua
“Menggabungkan pemahaman mendalam tentang netizen Twitter dengan kekuatan bintang Raisa, Anda membuat orang-orang di Twitter (dan pers) bersemangat untuk membicarakan … galon.”
7. Best Connection to Culture – Netflix Indonesia
“Anda terhubung dengan #KpopTwitter dan penggemar Blackpink di Indonesia untuk membangun hype dan antisipasi untuk film dokumenter Blackpink. We stan.”
8. Best #OnlyonTwitter – Samsung Indonesia
“Pelanggan Anda tidak bisa pergi ke toko untuk membeli gadget. Anda bekerja sama dengan Twitter untuk memperkenalkan chatbot yang memungkinkan mereka menemukan produk yang tepat & membelinya langsung dari toko online Anda.”