Mengutip laporan Global Smartwatch Model Tracker dari Counterpoint Research, pasar jam tangan pintar atau smartwatch mengalami peningkatan pengiriman 12% pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021. Pertumbuhan 12% tersebut didorong oleh penjualan pasar smartwatch yang kuat pada tiga kuartal pertama tahun 2022.
Apple dilaporkan menjadi merek teratas di seluruh dunia dalam hal pengiriman dengan 34,1% pasar, diikuti oleh Samsung 9,8% dan Huawei 6,7%. Perusahaan asal Cupertino melihat permintaan yang kuat untuk model Watch Ultra, Watch Series 8, dan Watch SE (2022).
Apple meraih 60% pendapatan pasar jam tangan pintar global 2022. Sedangkan Samsung berada di posisi kedua dengan peningkatan pengiriman sebesar 12% tetapi hanya peningkatan pendapatan sebesar 0,5%.
Di pasar smartwatch global tahun 2022, Huawei justru mengalami penurunan 1 poin persentase, akan tetapi pendapatannya meningkat sebesar 20% dibanding tahun 2021.
Vendor lain seperti Noise dan Fire Boltt naik ke posisi keempat dan kelima dalam pengiriman global berkat pertumbuhan pesat di pasar dalam negeri mereka.
(Indonesiatech)
Komentar